9 Mesin Kencang Legendaris Honda Wajib Dibaca!!!

Mesin Kencang Legendaris Honda

Mesin Kencang Legendaris Honda Wajib Dibaca!!!. Nampaknya Honda terlalu "giat" untuk membuat sebuah mesin kencang. Sebab satu seri mesin kencang ada yang beda-beda tipenya. Misalnya mesin B16A, ada yang dipasang di Civic EF SiR, ada yang dipasang di Civic EG SiR. Tenaganya beda pula. Tidak hanya membuat mesin kencang, dudukannya juga kebanyakan kurang lebih sama dengan mesin-mesin Honda yang lebih pelan. Sebut saja mesin Honda Estillo yang beredar di Indonesia, bisa diengine swap mesin Civic Type R. Kalaupun dudukannya kurang sama, bisa pakai engine swap kit aftermarket. Seperti Honda Civic VTi spek balap turing kelas supercar Sentul, yang diengine swap mesin Integra Type R dengan bantuan engine swap kit. Namun yang paling spesial dari mesin Honda adalah bisa kencang walau tanpa Turbo.

Apa sajakah mesin kencang Honda yang produksinya sudah pensiun sehingga membuatnya legendaris, ini dia penampakannya!

1. C32B

Mesin Kencang Legendaris Honda


Mesin ini sama sekali tidak membutuhkan turbo untuk membuatnya berlari kencang. Selama gear rationya indah, bodi dengan aerodinamik yang mendukung, & bobot yang ringan pasti bisa. Kalau tidak percaya silahkan lihat Honda NSX-R. Walaupun mobil ini sudah lama distop produksi & tenaganya kurang lebih masih sama, mobil ini masih bisa mengasapi BMW M6 dengan mudah, Ferrari-pun juga bisa terasapi dengan mudah. Itulah trik cerdik Honda dalam membuat sebuah sportscar. bisa membuatnya lebih kencang tanpa mendoping mesinnya. Hanya saja mesin ini merupakan mesin termahal sepanjang sejarah produksi Honda.

2. C30A

Mesin Kencang Legendaris Honda


Mesin ini karakternya juga kurang lebih sama dengan C32B. Hanya saja cc-nya lebih mungil. Walaupun cc-nya lebih mungil, mesin ini sanggup mengalahkan mobil sport yang tenaganya lebih besar. Itu terbukti dari pengetesan Best Motoring dengan Honda NSX Type R, hasilnya mobil tersebut sanggup bersaing dengan sportscar kelas kakap macam Ferrari di era 90-an.

3. B16B

Mesin Kencang Legendaris Honda


Inilah mesin Honda yang paling bersahabat dengan mesin Honda Civic era 90-an. Sebab dudukannya kurang lebih sama, sehingga membuatnya bisa diengine swap dengan mesin ini dengan mudah. Banyak pemilik Honda Civic Estillo atau Genio yang melakukan engine swap mesin ini & membuatnya jawara di ajang drag race.

4. B16A

Mesin Kencang Legendaris Honda


Alternatif lain dari mesin B16B. Mesin ini dipakai di Honda Civic tipe SiR atau Civic kencang nomor dua setelah B16B. Mesin ini selain bisa dipakai di Honda Estillo atau EG, mesin ini juga bisa dipakai di Honda Civic Nouva atau tipe EF, lantaran tipe SiR-nya juga menggunakan mesin ini. Hanya saja untuk Nouva lebih sulit lantaran mesinnya masih karburator, sedangkan Estillo sudah injeksi.

5. B18C

Mesin Kencang Legendaris Honda


Kalau kurang puas dengan mesin B16B, silahkan pilih B18C, sebab mesin ini tenaganya lebih besar. Selain tenaganya lebih besar, VTEC-nya bekerja pada putaran 5700 rpm, sedangkan B16B 6200 rpm. Hanya saja mesin Integra Type R ini lebih sulit dicari, namun untuk mengadopsinya bisa dengan engine swap B16B dulu, baru beberapa komponen seperti crankshaft pake punya B18C.

6. H22A

Mesin Kencang Legendaris Honda


Merupakan mesin mobil balap Honda yang bergabung di ajang JTCC. Walau kurang sukses sewaktu dipasangkan di Honda Civic Genio, setidaknya begitu mesin ini dipasang di Honda Accord Cielo baru menunjukkan kesuksesannya. Boleh dibilang, mesin ini lebih pas untuk dipasangkan di bodi mobil yang ukurannya lebih besar, seperti Accord Euro R & Prelude yang mesin bawaannya adalah mesin ini.

7. F20C

Mesin Kencang Legendaris Honda


CC boleh mungil, tenaganya-pun 247 HP, tapi kemampuan putaran mesinnya tidak main-main. Mesin S2000 ini sanggup melengking di atas 8000rpm. Namun sayangnya mesin ini kurang cocok untuk jadi bahan engine swap, sebab mesin ini dirancang untuk mobil bergardan belakang, sedangkan mobil Honda lainnya umumnya bergardan depan.

8. F22C

Mesin Kencang Legendaris Honda


CC-nya lebih besar dari F20C, tenaganya masih sama, namun redlinenya dikurangi dari 9000 rpm menjadi 8200 rpm & torsinya lebih besar dari F20C.

9. K20A

Mesin Kencang Legendaris Honda


Merupakan penerus mesin kencang Honda B Series. Mesin ini memiliki banyak varian dengan tenaga mesin yang berbeda-beda. Untuk versi Civic Type R EP, tenaganya 215HP(JDM) & 200HP (UK), versi Integra Type R, Civic Type R FD, & Accord Euro R tenaganya 220HP, untuk versi selain Type R tenaganya dibawah versi Type R. Buat pemilik Honda Civic VTi yang mau engine swap mesin ini, bisa pakai mesin ini dengan bantuan engine swap kit, seperti Civic VTi yang berlaga di balap turing Sentul kelas Supercar.

Honda Maestro Riders Club File Arsip
Loading...
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.