Tips Membeli Accord Maestro

Honda Accord Maestro adalah Honda Accord generasi ke 4. Dimulai kemunculannya pada tahun 1990 sampai 1993.

Honda accord tahun 1990 dan 1991 memakai karburator , engine 2000cc 16 Valve dengan tenaga 115 Hp. Meningkat 10 hp dari generasi accord sebelumnya yaitu prestige yang memiliki tenaga 105 Hp.

Body juga mengalami perubahan. Body lebih besar. Wheelbasenya juga meningkat menjadi 2720 mm.

Accord tahun 1992 dan 1993 mengalami perubahan di sektor injection Bahan bakar. Tenaga meningkat 20 Hp menjadi 135 Hp.Demikian juga dengan torsinya. Sehingga perbandingan gearbox mengalami sedikit penyesuaian mengikuti tenaganya.

Geometri suspensi Double Wishbone khas accord juga mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan generasi prestige.

Membuat gerakan body lebih stabil. Body roll jauh berkurang. Gerakan body kesamping yang sangat terasa setelah melewati jalan bumpy yang dirasakan pada generasi prestige ( kelemahan accord prestige ) sudah tidak muncul pada generasi Maestro.

Tenaga yang besar , mesin yang sangat durable , kenyamanan suspensi menjadikan maestro menjadi salah satu accord yang nyaman dan paling banyak dicari serta menjadikannya Japanesse car of the Year pada sekitar tahun 1990an.

Boleh dibilang maestro menjadi salah satu sedan midsize terbaik pada jamannya. Dibandingkan rivalnya yaitu Toyota Corona , dan mitsubhisi Eterna.

Keawetan mesinnya layak di acungi jempol. Demikian pula dengan performa akselerasi 0 s/d100km/jam yang ditempuh dalam hitungan dibawah 10 detik sangatlah baik pada saat itu. Bahkan performanya masih layak diperhitungkan dan diperbandingkan dengan mobil yang lebih baru , walaupun usia meastro saat ini memasuki hampir 20 tahun.

Pada usia 20 tahun dengan perawatan yang baik , pemilihan oli dan pemakaian coolant yang baik, membuat engine maestro masih baik dan halus tanpa membutuhkan overhaul.

Keawetan kaki kaki juga layak diacungi jempol. Mematahkan persepsi orang yang mengatakan bahwa kaki2 system double wishbone lemah.

Seperti halnya Honda accord maestro 1993 sebagai kuda tempur sehari hari milik penulis , sampai saat ini masih baik. Per dan shockbrakernyapun masih orisinil belum pernah diganti dari baru. Seluruh balloint bagian belakangpun masih orisinil. Sementara balljoint depan sudah mengalami penggantian, Boleh dibilang kaki2 accord lebih baik dibandingkan kaki2 civic.

Kelemahan maestro adalah berada di body , terutama di sekitar karet2 list kaca yang rentan berkarat.



Foto: Honda Accord Maestro Produksi : Desember 1993. Telah Berusia Hampir 19 Tahun.Kondisi Mesin Original Belum Pernah turun Mesin. Akan terus mengarungi jalanan macet perkotaan , entah sampai berapa jauh lagi.

Material dasboard adalah salah satu yang terbaik. Tak lekang dimakan panas matahari yang terik. Seperti terlihat pada foto berikut:



Pada tahun 1992 dan 1993 AC sudah elektrik dan memakai sensor climate zone otomatis. Kaca sipon sudah elektrik bisa dilipat dari dalam. Demikian juga adjustment Height kursi supir sudah memakai motor elektrik.

Bahan pembungkus jok juga salah satu yang terbaik. kain Jok tidak rusak atau berubah warna walau telah berusia hampir 20 tahun.

Disamping Banyak kelebihan yang dimilikinya seperti atikel sebelumnya , Honda Accord Maestro juga memiliki kelemahan yang menjadikan poin bagi kita dalam meminangnya.

Karat di list kaca belakang dan depan.




Pastikan karat yang timbul tdak terlalu parah. karena menyebabkan air hujan masuk kedalam mobil. Ditandai dengan plafont yang kusam karena air hujan yang merembes.



Retak di bingkai / dudukan Tape.




Penggantian tape yang kurang hati2 biasanya menyebabkan patahnya bingkai seperti terlihat dalam foto diatas.

Handle Pintu Bagian Dalam Yang rusak.




Disebabkan kesalahan saat membukanya saat reparasi atau membuka door trim. Cara membukanya adalah membuka satu baut diatas menggunakan obeng plus, lalu mendorong Cover handle ke belakang sampai bunyi klik. Bisa diganti dengan harga sekitar Rp 50.000,- sampai Rp 70.000 saja.

Pastikan Knalpot Kering , tidak Ada Oli basah.




Tidak terlihat asap putih tipis yang keluar dari Knalpot yang menandakan ada kerusakan di piston , di silinder atau di per pistonnya.

Lihat dengan seksama kondisi oli




Oli yang dipakai penulis adalah Oli Semi Synth 10w40 SL. Diganti tiap 5000 Km. Perhatikan kondisi oli seperti foto diatas saat km hampir menyentuh 4000km.

Oli coklat( Bukan Hitam ) tidak terlalu encer atau teralu kental karena oksidasi. Kuantitas oli juga masih normal dalam arti hampir mendekati batas maksimal deep stick.

Saat km hampir menyentuh 4000 km , lumrah ada sedikit pengurangan kuantitas oli , yaitu sekitar 100 cc. Dikarenakankarena sifat oli semi synth 10w40 yang relatf mudah menguap dibandingkan yang full minyak bumi.

Perhatikan Kondisi Coolant/ Radiator.




Hal ini adalah mutlak / wajib. Untuk mobil yang sudah tua , jangan sekali2 memilih mobil yang memakai air biasa. Karena biasanya kondisi Head silinder saat menyentuh diatas 250.000 km sudah korosif termakan air. Lama lama kompresi pembakaran engine bocor dan head silinder harus di bubut. Demikian juga dengan pipa2 di water jacket engine dan pipa pippa throtle body biasanya sudah patah kemakan korosi.

Pastikan selalu sejak baru mobil honda anda memakai coolant yang sesuai.

kalau menemui calon mobil yang akan anda beli memiliki radiator yang jorok dan airnya berkarat , segera urungkan niat anda. Carilah mobi yang lain.



Foto yang memperihatkan level coolant yang masih di batas maksimal walau sudah berjalan selama 1 bulan dengan jarak tempuh hampir 2000km di kondisi dalamkota yang padat dan panas. tanpa menambah coolant.

System pendingin yang normal dan tidak terjadi kebocoran membuat coolant sangat awet. Cukup mengecek level air 1 bulan sekali cukup. Tidak perlu tiap hari menambah coolant. Hal tersebut hampir mustahil ditemui pada mobil yang tidak memakai coolant.

Perhatikan Kondisi kaki2

Lihat karet2 Boot Balljoit. Masihbagus dan tidak bocor. Demikianjuga dengan Boot Kokel depan , boot power steering pastikan masih bak dan tidak robek.  Kondisi karet2 Di Arm atas depan. ( Lihat juga karet di balljoint bagian bawah)



Kondisi karet2 Di Arm atas Belakang ( Lihat juga karet di balljoint bagian bawah)



Pastikan tidak ada bunyi2 aneh saat berjalan ataumelewati jalanan yang rusak. Pastikan Per standar, bukan bekas anak muda yang ugal ugalan dengan memotong dan menggunakan pelg diluar standar.

Kalau menemukan bekas anak muda yang suka modifikasi seperti itu , lupakan dan cari yang lain.

Perhatikan Kondisi Mesin.

Mesin yang kering. Orisinil tidak terlalu banyak kabel2 tambahan atau kabel2 modifikasi / jumper/ akal-akalan.

Untuk Olie , jangan menggunakan API SM. karena oli dengan API SM itu digunakan untuk mobil baru yang menggunakan Roller Rocker Arm dan catalytic converter . Untuk mobil yang masih menggunakan Tapped rocker arm , semestinya penggunaan Oli api sm dihindari.

Standarisasi spesifikasi API SM , mengharuskan mengurangi sedikit kandungan ZDDP (zinc dialkyldithiophosphate) untuk menekan emisi tinggi di exhausnya yang akan mempersingkat umur CC. Padahal kandungan ZDDP tersebut sangat berguna untuk mningkatkan life time dari rocker arm dan camshaft . Dimana ZDDP coat , akan mengurangi wearing/ keausan dari Cam

Gambar roller rocker arm:




Dengarkan suara mesin yang halus.




Perhatikan Kondisi Panel2 Ac elektrik. Biasanya diakali menggunakan termostat imitasi system putaran ( tidak elektrik) oleh teknisi bengkel yang tidak telaten. Kerja tiap tombol elektronik harus baik.

Carilah mobil dengan interior yang bersih , orisinil tidak banyak modifikasi yang merusak.


Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser