Pada artikel ini saya akan sedikit menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan busi pada Accord Maestro kita. Busi merupakan elemen penting dalam proses pengapian sebuah kendaraan, jika busi yang dipasang sudah tepat dan dalam kondisi yang bagus serta didukung oleh kompenen seperti kabel busi yang baik maka dipastikan kendaraan kita sudah masuk kategori prima untuk di bejek gas nya om... hahahaha, Bicara mengenai busi maka yang dapat sobat lakukan adalah seperti yang akan kita bahas dibawah ini:
1. Memeriksa elektronodes dan keramik pembungkus busi.
Elektroda yang usang atau terbakar dapat disebabkan oleh:- Waktu pengapian yang terlalu cepat
- Busi longgar
- Kepala busi terlalu rendah
- Pendinginan yang tidak cukup
- Waktu pengapian yang lambat.
- Sisa minyak pembakaran.
- Kerangganan busi yang salah atau kurang pas.
- Jarak kepala busi terlalu tinggi.
- Terlalu sering menjalankan mobil dalam kondisi lambat.
- Saringan pembersih udara yang tersumbat.
- Pengapian yang buruk atau kabel pengapian yang tidak baik.
2. Menyesuaikan Kerenggangan busi dengan alat yang cocok. (lihat gambar)
Jarak kerenggangan Elektonode yang di anjurkan adalah 1,0 - 1,1 mm atau jika dalam inci berkisar 0,039 - 0,043 in.
Berikut ini type busi yang dianjurkan untuk Honda Accord Maestro.
Jenis Busi | Standard | Optional |
---|---|---|
NGK | ZFR6F-11 | ZFR5F-11 ZFR7F-11 |
ND | KJ20CR-L11 | KJ16CR-L11 KJ22CR-L11 |
Semoga bermanfaat dan salam BBS "Bersatu Bersaudara Sukses"